BAGAIMANA PERKEMBANGAN ANIMASI DI DUNIA

Perkembangan Animasi Di Dunia

Perkembangan animasi 

  • Perkembangan animasi di eropa: Cikal bakal perkembangan animasi di eropa secara dominan dipengaruhi oleh keberadaan komik-komiknya. Perkembangan komik yang sedemikian pesat telah melahirkan banyak tokoh-tokoh kartun eropa yang terkenal, seperti asetrik dan obelix, smurf, tintin, johan and pirlouit, steven sterk, lucky luke, dan lain-lain.
  • Perkembangan animasi di amerika: Animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di amerika. Pada saat itu teknik stop motion animation (pengambilan gambar dengan cara satu per satu) banyak disenangi. Teknik ini menggunakan serangkaian gambar diam/frame yang dirangkai menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah-olah gambar tersebut bergerak. Amerika dikenal dengan animasinya yang menggunakan teknologi canggih dan kadang simpel .J. Stuart blackton adalah orang amerika pertama yang menjadi pionir dalam menggunakan teknik stop motion animation.film yang telah diciptakannya dengan menggunakan teknik ini adalah the enchanted drawing (1900) dan humorous phases of funny faces (1906).
Baca Juga : pengembangan perbaikan jalan
  • Perkembangan animasi di asia: Kemudian animasi merambah dunia asia. Di jepang misalnya , telah mengembangkan film animasi sejak tahun 1913. Animasi jepang (anime) telah menunjukkan ciri khas dan karakter yang kuat serta eksistensi yang kemudian malah menjadi inspirasi bagi kemunculan karya-karya animasi negara-negara lain. Di jepang seperti halnya di eropa, perkembangan animasi tidak terlepas dari pesatnya perkembangan komik. Pemutaran serial animasi tv “tetsuwan atom (astro boy)” merupakan film animasi pertama yang sukses di jepang. Film yang diangkat dari komik populer karya osamu tezuka dianggap sebagai pelopor industri animasi jepang. Kisah kepahlawanan dan petualangan robot raksasa mendominasi perkembangan animasi pada tahun 1970-an dan 1980-an. Animasi jepang tidak terlepas dari maraknya dunia komik jepang (dikenal dengan sebutan manga). Sampai pada dekade ini (tahun 2000-an), telah muncul ratusan film-film anime yang sangat populer di seluruh dunia, seperti anime doraemon, dragon ball, sailormoon, detectif conan, sinchan, samurai x, naruto, slamdunk, pokemon, digimon, dan sebagainya. Tidak dipungkiri jika animasi jepang (yang dikenal juga dengan sebutan anime) semakin mengokohkan posisinya sebagai animasi paling sukses di dunia, bahkan sebagai pemberi devisa terbesar nomor dua bagi negara jepang.
  • Perkembangan animasi indonesia: Pada tahun 1955 indonesia sudah mampu membuat film animasi seiring dengan munculnya film berjudul “si doel memilih” karya dukut hendronoto. Film animasi 2d tentang kampanye pemilihan umum pertama di indonesia itu menjadi tonggak dimulainya animasi modern di negeri ini. Pada tahun 1980-an, muncul film animasi produk indonesia yang menjadi favorit anak-anak, yaitu “si huma”. Di tahun 2004, ada pula film cerita panjang berjudul “homeland”. Film animasi berdurasi 30 menit itu dianggap sebagai film animasi 3d pertama yang ada di indonesia dan menjadi babak baru bagi dunia peranimasian di bumi nusantara. Saat-saat ini perkembangan animasi di indonesia lumayan maju, para animator animator indonesia mulai berani mengeluarkan kreasinya di dunia global. Kini demi memperkaya khazanah akan dunia animasi 2d di indonesia, di penghujung tahun 2010 stasiun televisi trans7 yang pernah terkenal dengan menayangkan banyak film-film animasi asal jepang pada awal era 2000an kembali membuat gebrakan dengan mempersembahkan serial animasi 2d terbaru karya anak bangsa berjudul ‘’vatalla sang pelindung’’. Vatalla adalah sebuah serial animasi karya anak bangsa dari trans7 yang diangkat berdasarkan karakter dari komik lokal indonesia berjudul ‘’vienetta feat the stupid aliens ‘’lagu untuk foja’’, terbitan koloni, m&c! Gramedia. Alfi zachkyelle, pengarang komik sekaligus sutradara animasi ini mengkonsepkan 13 episode untuk serial ini. Seri yang diproduseri oleh oktodia mardoko dan trans7 ini diharapkan akan menjadi seri animasi 2d karya anak indonesia pertama yang diangkat dari komik indonesia.

Sumber : http://ahamdzicko.blogspot.co.id/2014/01/perkembangan-animasi-di-dunia.html

Incoming Search :

bagaimana perkembangan animasi di amerika

bagaimana perkembangan animasi di asia

animasi dapat dikategorikan menjadi apa saja

bagaimana perkembangan animasi di indonesia

perkembangan animasi di berbagai negara

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *