Cara Membuat Kolam Lele Dari Drum

Cara Membuat Kolam Lele Dari Drum – Anda dapat mencoba memelihara ikan lele dalam drum atau tong jika lahan yang anda miliki tidak begitu luas. Salah satu contoh kolam portabel yang sangat praktis dan mudah adalah budidaya lele dalam drum plastik. Tentu saja, metode ini sangat cocok bagi pemula karena menggunakan drum plastik. Selain tidak menghabiskan banyak ruang, kolam-kolam drum kecil ini dapat dipindahkan jika tidak digunakan. Model ini dapat digunakan untuk budidaya ikan gabus dalam drum selain untuk ikan lele.

Lebih disarankan menggunakan drum plastik, karena drum plastik lebih ringan dari drum logam atau besi. Mereka juga tidak berkarat seperti drum atau tong besi. Bahan ini memiliki masa pakai yang jauh lebih lama daripada bahan terpal. Anda dapat memilih untuk membeli drum lele yang sudah jadi jika anda tidak ingin mengerjakan drum untuk kolam lele sendiri. Sentra penjualan drum biasanya menawarkan tidak hanya penjualan drum dan tong berbagai ukuran dan bahan, tetapi juga jasa pemotongan atau pelubangan bagian-bagian drum.

Cara Membuat Kolam Lele Dari Drum

1. Potong Bagian Tengah Drum
Cara Membuat Kolam Lele Dari Drum

Cara Membuat Kolam Lele Dari Drum

Jika anda membeli drum yang belum dipotong dan dilubangi, maka anda harus melubanginya terlebih dahulu seperti pada digambar. Biasanya menggunakan drum lele bekas yang dibuat dari bahan pabrikan berukuran tinggi 90 cm dan lebar 60 cm. Drum akan dibuat dalam model rebah horizontal dengan lubang pembuangan di sisi tengah kolam. Untuk tujuan ini, bagian atas drum harus dipotong dan bagian bawah harus dipelubang. Selain membuat lele lebih nyaman saat diberikan pakan, drum yang direbahkan memiliki area kontak udara yang lebih luas daripada model berdiri.

2. Bersihkan Bagian Dalam Drum dan Buat Lubang Pembuangan

Sebelum membuat lubang pembuangan, bagian dalam drum harus dibersihkan dengan benar. drum harus bersih agar tidak mengganggu ikan. Gosok permukaan drum dengan air sabun sebelum mengoleskan tanah atau pasir ke dalamnya. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Buat lubang kecil di bagian bawah agar ikan lele tidak terlalu terganggu. Lubang ini dapat disambungkan ke kran air kemudian atau digunakan sebagai pengatur ketinggian air dalam tong. Jika drum diletakkan di luar ruangan atau di pekarangan rumah saat hujan lebat, pengatur ketinggian air sangat penting. Dengan menggunakan bor listrik, tandai area yang akan dibuat lubang. Mata bor yang digunakan seukuran pipa. Digunakan pipa ukuran 3/4 di sini. Agar pengeboran tidak bergerak ke kiri atau ke kanan, buat luka di dinding drum dengan kepala paku.

Setelah lubang selesai, pasang keni drat dan sock drat yang dipotong di atasnya. Di area drat, selotif dapat ditambahkan untuk mencegah air merembes. atau dipasang selang tambahan, atau ring, dari karet ban yang telah dibuang dari motor. Bagian bawah drum kemudian dipasang pipa pralon 3/4. Selanjutnya, Anda harus memilih apakah kran atau model pipa vertikal kontrol air akan dipasang di ujung pipa pralon. Dengan demikian, proses pembuatan selesai.

Baca Juga Lainnya : Cara Membuat Filter Kolam Ikan Minimalis

3. Menyiapkan Kolam

Untuk memulai, campurkan pupuk kandang dengan 0,5 hingga 1 kilogram air ke dalam tanah. Diamkan selama sekitar dua minggu sampai muncul jentik-jentik. Tujuan pastinya adalah agar zat kimia dalam drum larut dan hilang. Setelah dua minggu menunggu, masukkan air tawar seperti air sumur, air hujan, atau air sungai ke dalam drum plastik.

4. Masukkan Bibit Ikan Lele

Selanjutnya, masukkan 200 hingga 250 ekor bibit ikan lele ke dalam setiap drum. Perlu diingat bahwa pada tahap awal, banyak bibit yang mati, mungkin karena masih dalam penyusuaian alam. Jika ada yang mati, buang segera dan jangan biarkan dalam drum terlalu lama. Beri pakan ikan setiap tiga kali dalam satu hari, dan jangan lupa berikan pakan tambahan untuk ikan bersama dengan limbah. Jangan lupa untuk mengganti air setiap minggu. Pisahkan bibit besar dan kecil jika sudah berusia dua bulan.

Demikianlah cara membuat kolam lele dari drum, selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa kunjungi beranda website kami untuk melihat tips menarik lainnya. Sampai jumpa di artikel lainnya 🙂 .