Cara Buat Kolam Tanah

Cara Buat Kolam Tanah – Kolam tanah umumnya ditemukan di pekarangan rumah dan pusat kota. Jika sumber air terbatas, kolam tanah dapat digunakan. Salah satu metode pembudidayaan ikan adalah kolam tanah, yang dibentuk melalui penggalian dengan bahan utama tanah. Dengan menggunakan kolam tanah, budidaya ikan tidak terlalu sulit. Akan tetapi, sebelum membuat kolam tanah, pastikan jenis tanahnya apakah kering atau tidak. Kolam tanah harus dibuat pada tanah yang tidak terlalu asam ataupun terlalu basa.

Ada beberapa tipe kolam tanah, diantaranya :

  • Kolam Tanah dengan Tanggul Tanah
  • Kolam Tanah dengan Tanggul Tembok/Batu
  • Kolam Tanah untuk Tambak Air Payau

Keuntungan Kolam Tanah

  • Karena berbagai mikroorganisme tumbuh di tanah, kolam tanah memiliki pasokan pakan alami yang lebih besar bagi ikan.
  • Pembuatan kolam tanah jauh lebih murah daripada jenis kolam lainnya, seperti kolam beton.
  • Dalam kolam tanah, sisa pakan dan metabolisme dapat secara alami diuraikan.

Cara Buat Kolam Tanah

Cara Buat Kolam Tanah

Cara Buat Kolam Tanah

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan kolam tanah :

1. Penggalian Kolam

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan penggalian tanah. Tetapi sebelum memulai proses penggalian tanah, kita harus memilih lokasi untuk membangun kolam. Lokasi ini harus bebas dari sampah dan tanah yang mudah longsor. Setelah itu, mulailah kita menggali tanah dengan ukuran 100-150 cm, menggunakan cangkul, sekop, atau alat modern lainnya. Untuk memastikan bahwa kolam tidak mudah bocor di masa mendatang, tanah yang diperoleh dari penggalian dapat digunakan untuk membuat tanggul yang padat dan padat di sepanjang atau di sekitar pinggiran kolam. Untuk mencegah air kolam meluap, pasang pipa pengeluaran air di salah satu sudut.

2. Pengeringan Kolam

Langkah selanjutnya setelah penggalian kolam selesai adalah mengeringkannya. Mengeringkan kolam di bawah sinar matahari selama beberapa hari agar benar-benar kering. Tanda-tanda kekeringan benar-benar kering adalah tanah retak di dasar kolam. Pengeringan kolam tanah ini membunuh semua bakteri di tanah kolam, yang dapat membahayakan ikan dengan berbagai penyakit.

3.Penggeburan Tanah Kolam

Setelah tanah di dasar kolam benar-benar kering, kita lanjutkan dengan menggemburkan tanah dengan alat bajak atau cangkul pada kedalaman sekitar beberapa sentimeter. Ini memastikan bahwa tanah yang gembur mudah dihuni oleh berbagai mikroorganisme yang bermanfaat bagi pertumbuhan ikan.

4. Pemberian Kapur

Setelah menggemburkan tanah dasar kolam, proses pemberian kapur ini dilakukan. Pengapuran tanah kolam ini bertujuan untuk membantu menyeimbangkan keasaman dan pH. Dosis kapur tohor yang dapat digunakan berkisar antara 40 dan 200 gram/m2. Harap berhati-hati saat menggunakan kapur ini karena akan meningkatkan keasaman tanah, jangan menggunakan terlalu banyak kapur. Setelah menaburkan kapur, campurkan tanah yang telah gemburkan dengan baik. Biarkan tanah selama kira-kira seminggu.

Baca Juga Lainnya : Cara Buat Kolam Ikan Lele Beton

5. Pemupukan

Setelah tanah dilapisi kapur dan dibiarkan selama sekitar satu minggu, pupuk harus ditambahkan. Kita dapat menggunakan pupuk organik seperti kotoran sapi, kerbau, kambing, atau kompos. Pupuk ditaburkan secara merata di dasar kolam tanah dan pastikan tercampur dengan baik dengan tanah yang telah gembur. Kemudian padatkan pupuk pada tanah yang sudah tercampur dan lepaskan.

6. Pengisian Air Kolam

Langkah terakhir yaitu pengisian air setelah kolam dipupuk. Isilah kolam dengan air secara bertahap, diawali dengan pengisian air setinggi 40-70 cm dan biarkan selama kurang lebih satu minggu. Maka selama waktu seminggu air kolam terlebih dahulu akan dibiarkan tersinari oleh cahaya matahari sampai menembus ke dasar kolam. Hal tersebut, akan memicu pertumbuhan dan berkembangnya biota air seperti cacing dan fitoplankton sebagai pakan alami ikan. Setelah beberapa hari atau selama seminggu, sehingga air kolam akan berubah warna menjadi kehijauan. Kemudian tambahkan lagi air ke dalam kolam hingga ketinggian 100 cm atau lebih.

Demikianlah cara dan tips untuk membuat kolam tanah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa kunjungi beranda website kami untuk melihat tips menarik lainnya. Sampai jumpa di artikel lainnya 🙂