Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik Untuk Kolam Ikan

Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik Untuk Kolam Ikan – Hewan peliharaan tidak selalu kucing atau burung; memelihara ikan di kolam juga menyenangkan. Namun, saat Anda memiliki kolam, maka Anda harus selalu menjaga kebersihan airnya. Menggunakan filter menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan air di kolam ikan. Jika Anda belum memiliki filter, Anda bisa mencoba membuat pompa air tanpa listrik seperti yang dijelaskan berikut ini.

Fungsi Filter Pompa Air

Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik Untuk Kolam Ikan

Pompa Air Tanpa Listrik

Filter pompa air adalah komponen yang sangat penting untuk kolam ikan. Namun, apakah Anda mengetahui fungsi sebenarnya dari filter? Sebenarnya, tujuan utama dari filter adalah untuk menghilangkan kotoran dari air. Racun amonia yang berbahaya akan muncul dari air kolam yang tidak dibersihkan. Membersihkan air kolam memang cukup memakan banyak waktu karena sangat cepat kotor. Namun, Anda tidak perlu membersihkan kolam terlalu sering dengan menggunakan filter dan aerator. Bila terlalu sering membersihkan air, ikan akan merasa stres. Dengan menggunakan filter, Anda dapat memastikan air ikan tetap bersih tanpa harus memindahkan ikan terlalu sering.

Selain dapat menjaga ikan dari stres, menggunakan filter akan sangat menghemat tenaga, waktu, dan tentu saja air. Harga aerator dan filter akuarium sangat beragam, tetapi sebagian besar cukup mahal. Selain itu, filter membutuhkan listrik. Lebih baik jika bisa membuat dan menggunakan filter pompa air buatan sendiri yang tidak menggunakan listrik. Sehingga bisa jauh jadi lebih hemat.

Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik Untuk Kolam Ikan

Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik Untuk Kolam Ikan

Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

Anda dapat membuat filter pompa air untuk kolam anda sendiri. Jika Anda belum pernah mendengarnya sebelumnya, lihat apa saja bahan yang diperlukan dan bagaimana membuatnya.

1. Persiapkan Bahan

Untuk membuat pompa air tanpa listrik, pertama-tama Anda perlu membuat wadah dari tabung. Jangan lupa, tabung itu harus berisi udara dan air. Selanjutnya, Anda akan membutuhkan dua pipa ukuran kecil. Berikut detail-detail bahannya :

  • Botol bekas
  • 2 buah Pipa
  • Selang bekas
  • Spons
  • Pasir¬†dan kerikil
  • Solder
  • Selotip

2. Pasang Pipa

Tempatkan pipa pada wadah dengan panjang yang lebih tinggi dari permukaan airnya. Siapkan pasir, kerikil khusus, dan selang botol bekas dengan panjang 35 cm.

3. Potong Botol Menjadi 2 Bagian

Selanjutnya, potong botol menjadi dua bagian. Jangan buang tutup botolnya. Kemudian, di bagian botol lainnya, buatlah lubang dengan menggunakan solder. Selanjutnya, buat lubang di sisi pertama botol dekat tutupnya. Lubang ini akan memasukkan selang untuk mengeluarkan udara.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA : Cara Membuat Kolam Terpal Lele

4. Potong Spons

Langkah berikutnya adalah memotong spons dengan ukuran yang sesuai dengan lebar botol. Kemudian, masukkan pasir dan kerikil di atas spons. Pasir ini akan berfungsi sebagai filter air. Ambil kedua bagian botol dan rekatkan dengan selotip sebelum dimasukkan ke dalam kolam. Anda juga bisa menggunakan lem anti air yang lebih kuat.

5. Pasang Pompa di Kolam

Anda dapat memasukkan kedua komponen ke dalam kolam secara perlahan setelah Anda memastikan bahwa mereka tidak bocor. Filter akan menghilangkan kotoran ikan dari air melalui lubang yang telah dibuat pada botol sebelumnya. Selama Anda tidak mengeluarkannya dari akuarium, ia akan terus menyaring. Namun, jangan lupa bahwa saat spons kotor atau warna air berubah, Anda harus segera menggantinya dengan yang baru; Anda bisa mencucinya dan menggunakannya lagi.

Ini adalah cara untuk membuat filter pompa air untuk kolam ikan tanpa menggunakan listrik. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat uang dengan menghindari membeli produk filter yang harganya mahal. Karena bahan dan alat yang diperlukan mudah ditemukan, Anda dapat mencoba membuat filter tanpa listrik ini sendiri di rumah.