Cara Membuat Kolam

Cara Membuat Kolam РAdanya kolam ikan tak hanya bisa membuat hunian tampak lebih indah, namun juga bisa memberikan nilai tambah bagi rumah. Jika Anda memiliki lahan yang terbatas, pembuatan kolam ikan berukuran mini tetap dapat dilakukan dengan mudah. Sayangnya untuk membuat kolam ikan di rumah diperlukan biaya yang tak sedikit. Untungnya, ada banyak ide desain murah. Salah satu material yang umum digunakan adalah wadah dan material waterproof seperti Geomembrane. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat kolam ikan.

Artikel kali ini akan membahas cara membuat kolam ikan murah dan sederhana. Anda bisa membuat kolam ikan dengan harga yang murah dengan beberapa teknik. Meski kolamnya sederhana, tetap bisa terlihat cantik. Inilah cara membuat kolam ikan dengan biaya yang terjangkau.

Cara Membuat Kolam Ikan Sederhana

Cara Membuat Kolam

1. Hindari membangun kolam yang memerlukan pembongkaran

Jika kamu berencana membangun sebuah kolam, buatlah di area yang memang sudah kosong. Seperti contoh, anda bisa mengeruk tanah di taman belakang yang memang kosong. Hindari membongkar lantai atau semen yang sudah terpasang. Pasti akan ada biaya dan tenaga tambahan yang terbuang jika melakukannya. Anda dapat membuat kolam yang meninggi tanpa membongkar apa pun selain membuatnya rata dengan lantai.

2. Cari tempat yang sudah stabil

Coba perhatikan area di sekitar rumah Anda, apakah ada area yang jarang atau bahkan sama sekali tidak tersentuh?
Sebagai contoh, balkon belakang yang akhirnya menjadi tumpukan barang yang tidak terpakai. Jika ya, anda bisa mengubahnya menjadi kolam. Jika dasar yang stabil seperti lantai atau semen sudah ada, Anda hanya perlu menambah dinding di sekitarnya dan menutup tepiannya agar tidak bocor. Melapisi dasar tidak perlu terlalu dalam atau menghabiskan banyak bahan bangunan.

3. Buat ukuran sesuai dengan area yang tersedia

Cara Membuat Kolam

Cara Membuat Kolam

Isi kolam harus menyesuaikan dengan bentuk dan besarnya. Cara menentukan luasnya kolam adalah dengan melihat seberapa banyak area yang tersedia. Jangan tergoda untuk membongkar sesuatu demi kolam yang lebih besar. Jika area yang ada terbatas, anda dapat membuat konsep yang sesuai keinginan dan luas area.

4. Pilih material yang tidak terlalu mahal

Kolam sederhana dapat dibuat dengan bahan-bahan yang tidak terlalu mahal tetapi tidak terlihat murahan. Pilih yang sesuai dengan anggaran anda dan siasati dengan cara lain. Anda bisa menambahkan aksen tanaman daripada patung mahal. Tegel berwarna senada juga akan membuat kolam terlihat lebih menarik.

BACA JUGA : Rooftop Minimalis 2x3m Rumput Sintetis

Demikian tips dari mimin agar kalian bisa membuat kolam di rumah dengan biaya yang sedikit lebih hemat. Untuk tahu tips dan trik lainnya slahkan kunjungi beranda website kami yaa, karena disana mimin punya banyak artikel menarik lainnya lho! Sampai jumpa di artikel lainnya.