Metode Pemasangan Geogrid

Metode Pemasangan Geogrid – Inovasi geogrid, yang berbentuk lembaran dan dapat digunakan untuk memperkuat struktur tanah, adalah hasil dari pengembangan teknologi geotextile. Salah satu jenis bahan geosintetik memiliki kontur yang kuat, kaku, dan bukaan yang cukup banyak. Secara alami, metode pemasangan geogrid ini berbeda dengan pemasangan geotekstil.

Geogrid dapat digunakan untuk membangun jalan dengan kontur lunak dan peregangan batu yang rusak dalam ukuran tertentu. Jika tanah pada dasarnya berbentuk plat, akan lebih baik jika geotextile digabungkan di bawah geogrid.

Untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas tanah, terutama di wilayah dengan kondisi tanah yang buruk atau tidak stabil, digunakan geogrid. Selain itu, geogrid berfungsi untuk mengurangi beban pada bangunan dan struktur jalan dengan memindahkan beban ke tanah di bawahnya.

Fungsi dari Geogrid

Metode Pemasangan geogrid

  • Stabilisasi
  • Menyeimbangkan penyebaran beban dari atas ke lapisan tanah dibawahnya sehingga dapat menghindari terjadinya penurunan tanah setempat (differential settlement)
  • Meningkatkan daya dukung tanah
  • Mencegah penurunan akibat retak dan kembang susut pada tanah
  • Mengurangi biaya dan sangat baik untuk¬†maintenance

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA : Ukuran Drainage Cell

Pemasangan Geogrid Yang Benar

Meskipun Anda tahu kelebihan dan kegunaan geogrid, Anda tidak bisa langsung memasangnya dengan asal-asalan. Untuk memasang geogrid, aturan dan prosedur khusus harus dipatuhi dengan hati-hati. Ini mungkin dilakukan karena fitur dan keunggulan geogrid dapat dioptimalkan. Langkah-langkah yang biasa digunakan untuk memasang geogrid tercantum di bawah ini. Kami telah menyatukan berbagai pendekatan yang umum digunakan.

  1. Tentukan lokasi geogrid akan diterapkan. Pastikan zona tersebut bebas batu-batu dan hambatan lainnya.
  2. Untuk area yang sudah disiapkan, tarik geogrid. Pastikan geogrid berada di atas tanah.
  3. Potong geogrid ke ukuran yang diperlukan.
  4. Menggunakan geogrid clamp atau paku, sambungkan geogride ke lantai bawah. Clamp atau paku harus diberi jarak sesuai dengan spesifikasi dari produsen untuk geogrid.
  5. Geogrid akan menutup lapisan atas dengan batu kecil atau tanah. Pastikan bahan pelapis ditekan dengan kuat untuk mencegah gerakan atau tenggelam ke dalam geogrid.

 

INFORMASI DAN PEMESANAN

PT. MAXPRO KURNIA MEGAH
Taman Anyelir Block C2/15,
JL. Raya Sekneg, Kebon Nanas, Cikokol, Kota Tangerang
(021)22292226
+6282113491818 // 081292571188
Instagram : maxprogeosynthetic_ID
sales@maxprokurnia.co.id