Geotextile Non Woven dan Fungsinya

Kalian para readers dan costumer kesayangan mimin, Sebelum Mimin jelasin tentang Geotextile Non Woven dan fungsinya ke kalian semua, kalian bisa cek di website PT Maxpro Kurnia Megah. Disana ada banyak sekali artikel informasi menarik seputar geotextile, geosynthetic dan produk lainnya.

PT Maxpro Kurnia Megah adalah distributor Geotextile Terpercaya di Indonesia, tidak hanya Geotextile, kita juga distributor Geosynthetic yang juga menyediakan Jasa Instalasinya untuk para Costumer kami loh, Artikel kali ini kita akan membahas mengenai produk unggulan kami, yaitu Geotextile Non Woven, Yuk langsung saja kita cari tahu bersama !

geotextile non woven dan fungsinya

Geotextile umumnya memiliki 2 Jenis, yaitu Geotextile Jenis Woven dan Geotextile Jenis Non Woven. Kali ini kita mau bahas mengenai Geotextile Non Woven. Produk satu ini merupakan salah satu jenis geotextile yang berbentuk lembaran dan tak beranyam (non woven).

Material ini dibuat dari serat-serat polymer yang berbahan dasar polypropylene /polyester yang dibuat menggunakan mesin bertekhnologi modern. Secara mekanis dengan quality qontrol yang tinggi dan pada umumnya digunakan pada bidang rekayasa geoteknik.

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA : MANFAAT PENGGUNAAN PLASTIK COR 

geotextile non woven dan fungsinya

Fungsi GT Non Woven

Beberapa Fungsi dari Material satu ini ialah :

  1. Filter / Penyaring

    Sebagai filter, Geotextile Non Woven berfungsi untuk mencegah terbawanya partikel-partikel tanah pada aliran air. Karena sifatnya yang adalah permeable (tembus air) maka air dapat melewati Geotextile tetapi partikel tanah tertahan. Aplikasi sebagai filter biasanya digunakan pada proyek-proyek subdrain (drainase bawah tanah).

  2. Stabilization / Stabilisator

    Fungsi Geotextile ini sering disebut juga sebagai Reinforcement / Perkuatan. Misalnya dipakai pada proyek-proyek timbunan tanah, perkuatan lereng dll. Sehingga kemungkinan terjadinya penurunan setempat pada timbunan, masih besar, karena kurangnya kekakuan bahan. Apalagi sifat Geotextile yang mudah mulur terutama jika terkena air (terjadi reaksi hidrolisis) menjadikannya rawan sebagai bahan perkuatan lereng.

  3. Separator / Pemisah

    Sebagai separator atau pemisah, Geotextile Non Woven berfungsi untuk mencegah tercampurnya lapisan material yang satu dengan material yang lainnya. Contoh penggunaan Geotextile sebagai separator adalah pada proyek pembangunan jalan di atas tanah dasar lunak (misalnya berlumpur). Pada proyek ini, Geotextile mencegah naiknya lumpur ke sistem perkerasan, sehingga tidak terjadi pumping effect yang akan mudah merusak perkerasan jalan. Selain itu keberadaan Geotextile juga mempermudah proses pemadatan sistem perkerasan.

 

 

Mengenai pemesanan dan informasi lebih lanjut hub :
PT. MAXPRO KURNIA MEGAH
Taman Anyelir Block C2/15,
JL. Raya Sekneg, Kebon Nanas, Cikokol, Kota Tangerang
(021)22292226
+6282113491818 // 081292571188
Instagram : maxprogeosynthetic_ID
sales@maxprokurnia.co.id